Jumat, 10 Oktober 2014

PATRICK ‘Si Pemalu’ MODIANO PERAIH NOBEL

Mengagumi Albert Camus, Patrick Modiano bisa berbangga hati karena namanya sekarang sudah dapat disejajarkan dengan filsuf kelahiran Aljazair itu. Tahun ini (red. 2014) Modiano berhasil mendapatkan nobel sastra yang menjadikan dirinya berada di level tertinggi penulis dunia.
Meski tidak banyak orang di luar Perancis yang mengenal namanya, hal itu tidak menghalangi laju Modiano untuk mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang yang digelutinya selama kurang lebih 45 tahun itu. Ia menggarap buku pertamanya yang berjudul La Place De L’etoile pada tahun 1968. Setelah itu 28 buku yang lain menyusul.
Atas keberhasilannya itu, Modiano berhak menerima uang 1,1 juta $. Tercatat Modiano juga pernah meraih penghargaan bergengsi lain seperti Rue Des Boutiques Obscures dan Les Boulevards De Ceinture.
Karya yang mengantarkannya meraih penghargaan nobel sastra 2014 bercerita tentang kehidupan warga di bawah pendudukan tentara Nazi pada Perang Dunia II. Sayang sekali, sampai saat ini belum ada satu pun karya Modiano yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga para pecinta novel harus lebih bersabar lagi. (asw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan kalimat yang sopan