Kamis, 09 Oktober 2014

Pemandian Air Panas ‘Hijau’ Makula

Indonesia terdiri dari banyak pulau dan memiliki gunung aktif maupun pasif yang menjadikannya sering disebut sebagai 'Negeri Cincin Api'. Banyak ditemukannya dataran tinggi di Indonesia dengan berbagai panorama yang menawan tidak terlepas dari hal itu
.



Buntu Kaero atau Bukit Kaero merupakan salah satu dataran tinggi di Indonesia yang tidak terkait sama sekali dengan keberadaan gunung berapi. Sebab itu wilayah di sekitar Buntu Kaero memiliki keunikan yang berbeda dengan dataran tinggi lain yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.
Selain dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, di bawah Buntu Kaero terdapat pemandian air panas alami Makula. Menurut keterangan penjaga tempat wisata ini, perbedaan pemandian air panas Makula dengan pemandian air panas di tempat lain adalah warna airnya yang cenderung kehijauan. Biasanya, air yang ada di pemandian air panas alami cenderung berwarna putih, keruh dan sedikit kekuningan. 
Bagi para pengunjung yang ingin membawa putra-putrinya menikmati keindahan pemandian air panas Makula tidak perlu merasa khawatir karena di tempat ini tersedia 2 kolam sekaligus. Satu kolah khusus untuk orang dewasa dan satu kolam lain yang lebih dangkal disediakan untuk anak-anak. Selain itu, bagi para pengunjung yang belum merasa puas hanya dengan menikmati beberapa saat pemandian air panas ini, di tempat yang sama juga disediakan penginapan bagi yang ingin menikmatinya lebih lama lagi. 

Untuk mencapai tempat indah ini hanya dibutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota Makale maupun dari kuburan batu Ke'te Kesu. Selain itu, tempat wisata ini juga bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi dari Kota Rantepao yang hanya berjarak sekitar 24 Km. (asw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan kalimat yang sopan